Monday 10 October 2016

Ruak-ruak di Kampus UIN Suska Riau

Foto Essay tentang Berburu Burung Ruak-ruak di Kampus UIN Suska Riau. Tahun 2012 waktu itu foto ini diambil. Sekarang UIN Suska sudah banyak mengalami perubahan.  
Foto Edo Fernando #salamdariPONO 

Ruak-ruak adalah hewan bertulang belakang (Vertebrat), kelas : burung. Ruak-ruak adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Paruh Burung Ruak-ruak tidak bergigi. 

Burung ini biasa terdapat berhampiran penempatan manusia tetapi amat sukar dilihat kerana ia akan terbang atau berlari menyorok apabila menyedari manusia menghampirinya. Anak burung bewarna hitam yang dapat dilihat apabila dibawa melintas jalan. Ia merupakan spesies yang mudah mengadaptasi.

Ia berbunyi pada waktu maghrib selama beberapa menit seperti bunyi katak menguak dan menguek dan diikuti bunyi u-wak. Juga bunyi hoop kosong lembut monoton berulang; bunyi amaran adalah hik bernada tinggi. Burung Ruak-ruak (Amaurornis phoenicurus) merupakan sejenis burung air dalam keluarga rail and crake Rallidae. sumber : https://ms.wikipedia.org/wiki/Burung_Ruak-ruak 

Di kampus UIN Suska pada waktu itu sering menjelang sore berakhir terdengar suara Ruak-ruak. Habitatnya di sana cukup banyak. Karena kala itu hutan kecil diantara bangunan kampus menjadi habitat Ruak-ruak. 

Senior kuliah waktu itu berencana menangkap burung itu. Karena ingin memakan burung tersebut. Peralatannya berupa tusuk besi kecil, ada tali kecil pada besi tersebut. Dipasang pada sore hari menjelang malam. Dan ditinggalkan. Kemudian ketika sudah ditinggal ada beberapa burung yang terperangkap.

Artikel Terkait

Ruak-ruak di Kampus UIN Suska Riau
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email